Kompetensi

Sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia yang ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia tahun 2012, kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram adalah terdiri atas profesionalitas yang luhur, mawas diri dan pengembangan diri, serta komunikasi efektif, pengelolaan informasi, landasan ilmiah ilmu kedokteran, keterampilan klinis, dan pengelolaan masalah kesehatan sehingga mampu bekerja secara profesional pada upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) strata pertama.

Kompetensi pendukung bagi ke-tujuh kompetensi utama adalah sebagai berikut:

  1. Profesionalitas yang Luhur
    1. Berke-Tuhanan Yang Maha Esa/Yang Maha Kuasa
    2. Bermoral, beretika dan disiplin
    3. Sadar dan taat hukum
    4. Berwawasan sosial budaya
    5. Berperilaku profesional
  2. Mawas Diri dan Pengembangan Diri
    1. Menerapkan mawas diri
    2. Mempraktikkan belajar sepanjang hayat
    3. Mengembangkan pengetahuan
  3. Komunikasi Efektif
    1. Berkomunikasi dengan pasien dan keluarga
    2. Berkomunikasi dengan mitra kerja
    3. Berkomunikasi dengan masyarakat
  4. Pengelolaan Informasi
    1. Mengakses dan menilai informasi dan pengetahuan
    2. Mendiseminasikan informasi dan pengetahuan secara efektif kepada profesional kesehatan, pasien, masyarakat dan pihak terkait untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan
  5. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran
    1. Menerapkan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas yang terkini untuk mengelola masalah kesehatan secara holistik dan komprehensif.
  6. Keterampilan Klinis
    1. Melakukan prosedur diagnosis
    2. Melakukan prosedur penatalaksanaan yang holistik dan komprehensif
  7. Pengelolaan Masalah Kesehatan
    1. Melaksanakan promosi kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat
    2. Melaksanakan pencegahan dan deteksi dini terjadinya masalah kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat
    3. Melakukan penatalaksanaan masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat
    4. Memberdayakan dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan
    5. Mengelola sumber daya secara efektif, efisien dan berkesinambungan dalam penyelesaian masalah kesehatan
    6. Mengakses dan menganalisis serta menerapkan kebijakan kesehatan spesifik yang merupakan prioritas daerah masing-masing di Indonesia

Kompetensi yang menjadi kekhususan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram adalah kompetensi terkait kedokteran kepulauan. Muatan Kedokteran kepulauan sesuai dengan definisi pada Visi, Misi dan Tujuan yang lama yang disahkan pada tahun 2012, yaitu:

  1. Kedokteran kepulauan berbasis biomolekular
  2. Kedokteran kepulauan berbasis komunitas
  3. Kedokteran kepulauan berbasis maritim dan kegawatdaruratan daerah rural,

Kurikulum muatan lokal kedokteran kepulauan berbasis biomolekular dan berbasis komunitas, diterapkan secara integral dalam mata kuliah-mata kuliah, baik pada tahap akademik maupun tahap profesi, sedangkan untuk muatan kedokteran kepulauan berbasis maritim dan kegawatdaruratan daerah rural telah diimplemetasikan sebagai mata kuliah yang tersendiri. Dalam pengembangan ke depan yang saat ini sedang disusun melalui kegiatan revisi kurikulum, akan menjadi mata kuliah yang berdiri sendiri yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai keminatan.

Kurikulum muatan lokal kedokteran kepulauan di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram saat ini difokuskan untuk mencapai kompetensi penanganan kegawatdaruratan kasus-kasus yang berkaitan dengan rekreasi air di daerah pesisir pantai dan laut, misalnya: penanganan penyakit-penyakit akibat penyelaman (Sindrom dekompresi, emboli gas arterial), tenggelam, hipotermia, trauma akibat hewan laut, dll dan keterampilan medik water rescue.  Kompetensi khusus ini mencakup kemampuan mendiagnosis dan memberikan penanganan awal, serta melakukan rujukan dan transportasi yang tepat dari daerah pesisir dan pulau-pulau kecil ke fasilitas layanan kesehatan yang sesuai di kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara.