Dosen FK Unram Menciptakan Inovasi Alat Ukur 2 Dimensi untuk Rumah Sakit Pendidikan Unram

Mataram (17/9/2022)

Gambar 1. Inovasi Alat Ukur

Pelayanan laboratorium merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan Rumah Sakit dan diperlukan untuk mendukung upaya peningkatan, pencegahan, dan pengobatan kesehatan pasien. Layanan patologi anatomi yang merupakan bagian integral dari labporatorium berfungsi sebagai layanan standar emas (Gold standard) dalam menegakkan diagnosis berdasarkan perubahan bentuk (morfologi) sel dan jaringan, kelainan imunologi dan molekuler khusus sel atau jaringan.

Sediaan jaringan/specimen yang akan diperiksa telebih dahulu dilakukan pengukuran secara manual (sediaan diletakkan pada tangan) oleh analis (asisten pemeriksa) atau spesialis patologi anatomik sehingga terdapat beberapa kelemahan yaitu objek yang diukur terbatas, waktu untuk mengukur lebih banyak, dan hasil yang tidak presisi.

Gambar 2. Proses pengukuran jaringan secara manual

Terobosan baru dilakukan oleh 2 orang dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, yakni dr. Decky Aditya Zulkarnaen dan dr. Lale Maolin SpPA membuat sebuah alat inovasi baru untuk kepentingan pelayanan laboratorium patologi anatomik (gambar 1). Tujuan pembuatan alat tersebut adalah mempermudah pengukuran, waktu pengukuran lebih efisien, jaringan yang diukur sampai besaran 1 meter, dan sangat presisi.

Gambar 3. Proses pengukuran jaringan menggunakan alat ukur

Menurut ketua tim inovasi (dr. Decky) ide awal pengembangan alat ukur muncul ketika Ia melihat proses pengukuran jaringan yang masih dilakukan manual dan analis lab kesulitan untuk mengukur jika jaringannya besar. Permasalahan ini kemudian didiskusikan bersama dr. Maulin Sp.PA  dan muncul gagasan inovasi yang baru untuk Rumah Sakit Pendidikan Unram.

Harapan besar kami, pelayanan laboratorium patologi anatomik Rumah Sakit Unram menjadi lebih maju dan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas untuk pasien yang dirawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X