Fakultas Kedokteran Universitas Mataram gelar Konferensi Virtual Bedah Saraf Internasional Se-Asia

Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) bekerja sama dengan Asian Congress of Neurological Surgeon (ACNS) dan Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (Perspebsi) menyelenggarakan konferensi virtual terbesar di Asia untuk dokter bedah saraf yaitu 2nd Asian Congress of Neurological Surgeon 2021 – Virtual International Conference.

Acara berlangsung selama 3 hari pada hari Jumat, 6 Agustus 2021 hingga hari Minggu, 8 Agustus 2021. Terdiri dari 1 hari workshop dan 2 hari seminar dengan lebih dari 15 sesi, diisi oleh 19 speaker internasional dan 53 speaker nasional. Sederet nama besar mengisi konferensi ini seperti Prof. Yoko Kato (Jepang), Prof. Vladimir Benes (Czech Republic), Prof. Franco Servadei (Italia), Prof. Azmi Alias (Malaysia), Prof. Charles Teo (Australia), Prof. Gail Rosseau (USA), Prof. James K Liu (USA), Prof. James K. Winfree (USA), Prof. Masataka Takeuchi (Jepang), Prof. Sri Maliawan (Indonesia), Prof. Tetsuya Nagatani (Jepang) dan masih banyak lagi.

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, tidak membuat antusiasme untuk konferensi ACNS ini meredup. Konferensi kali ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari berbagai negara di dunia. Peserta tidak hanya terdiri dari dokter bedah saraf, namun juga residen, dokter umum, perawat serta peneliti yang tertarik pada bidang bedah saraf. Tidak hanya peserta seminar, 2nd ACNS yang di-tuan rumahi oleh FK Unram kali ini membuka kompetisi presentasi abstrak yang diikuti lebih dari 30 peserta.

Sebuah kehormatan bagi FK Unram dapat menjadi tuan rumah pada konferensi internasional ACNS kali ini. Konferensi ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi wawasan tentang penelitian terbaru dan kemajuan teknologi medis saat ini. Serta untuk menjadi tempat berkumpulnya peneliti dan akademisi dari seluruh dunia untuk mempresentasikan dan bertukar ide terobosan mereka dalam bidang bedah saraf.

Diselenggarakannya konferensi ini pun sejalan dengan visi FK Unram yaitu menjadi institusi pendidikan yang berperan aktif dalam pengembangan IPTEK kedokteran dan kesehatan serta berdaya saing internasional tahun 2025. Diharapkan setelah terseenggaranya acara ini, FK Unram dapat terus melakukan kolaborasi lintas disiplin ilmu baik pada tingkat nasional dan internasional. Lebih jauh lagi diharapkan konferensi internasional ini dapat memicu inovasi dan riset pada bidang Kesehatan dan Pendidikan, dimana FK Unram menjadi pionir baik di NTB maupun di Indonesia. [by]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X