Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Mengajukan Program Studi Profesi Apoteker

Setelah melalui perjuangan Panjang dengan berbagai hambatan dan tantangan, pengajuan program studi profesi apoteker telah memasuki babak baru. Pada tanggal 2 September 2021 tim pengusul pendirian profesi apoteker yang diketuai oleh Dr. Apt. Aggriana Rosmalina Hidayati telah mempresentasikan proposal pendirian program studi pada rapat komisi 1 Senat Universitas Mataram yang dipimpin langsung oleh ketua komisi 1 Dr. Rusdiawan serta dihadiri oleh ketua senat Universitas Mataram Prof. Mansur Ma’shum, PhD, Sekertaris senat, Dekan Fakultas Kedokteran, WD2 dan WD3 dan seluruh anggota komisi 1.

            Pada pertemuan yang dilakukan secara daring tersebut, Dr. Apt. Agriana menyampaikan kesiapan seluruh civitas akademika FK Unram untuk menyelenggarakan program studi tersebut. Hal ini disimpulkan sesuai dengan 3 kriteria utama (kriteria pembukaan program studi baru) berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan serta peraturan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan (LAMPT-Kes). Kriteria tersebut meliputi program sarjana yang telah terakreditasi B oleh LAMPT-Kes, kurikulum yang telah ditetapkan, sumberdaya manusia seperti dosen, tenaga kependidikan dan perseptor. Selain itu, tentu fasilitas berupa sarana dan prasarana seperti apotik Pendidikan, ruang ujian OSCE dan CBT yang telah dimiliki juga menjadi pendukung dalam pembukaan prodi ini.

            Ketua komisi dan anggota komisi 1 yang membidangi Pendidikan menyampaikan apresiasi terhadap kerja tim penyusun beserta program studi farmasi dan fakultas kedokteran yang telah menyusun proposal dengan baik dan lengkap sehingga memudahkan pekerjaan komisi 1. Menurut ketua dan anggota komisi 1, program studi profesi apoteker ini adalah salah satu program studi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat NTB karena akan menjadi satu-satunya program studi apoteker di NTB dan tentu saja mejadi wahana Pendidikan lanjutan bagi alumni program studi sarjana farmasi yang sampai saat ini telah berjumlah lebih dari 150 orang. Selanjutnya hasil rapat komisi ini akan dibawa ke sidang pleno senat Universitas Mataram pada tanggal 9 September 2021 untuk mendapatkan rekomendasi agar dapat diproses lebih lanjut. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp THT-KL(K), M.Kes berharap bahwa pada tahun ajaran baru 2022 program studi ini sudah dapat menerima mahasiswa baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X