Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Menjadi Tuan Rumah AIPKI Wilayah 5 Tahun 2022

Fakultas Kedokteran menjadi tuan rumah dalam giat Pembuatan, Review soal IBA AIPKIĀ  wilayah 5 yang mencakup wilayah Jawa timur, Bali dan Nusa tenggara yang berlangsung pada 24 – 25 September 2022 kemarin di Sima Hotel Kuta Mandlika. Pertemuan tersebutĀ  dihadiri oleh 19 delegasi Fakultas Kedokteran yang termasuk kedalam AIPKI Wilayah 5 yang masing masing delegasi mengirim 2 orang delegasi yang terdiri dari 1 IBA Fakultas Kedokteran, dan Expert Ahli dokter Spesialis. Kegiatan ini ini bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga kualitas soal dalam ujian nasional dokter, dan sekaligus sharing pengalaman cara pembuatan soal yang berkualitas.

Kegiatan Pembuatan, Review soal IBA AIPKI ini merupakan kegiatan offline pertama setelah pandemi yang sebelumnya selama hampir 3 tahun dilakukan secara online. Hal ini diterangkan oleh salah satu pemateri yakni dr. Roostantia Indrawati, M.Kes ā€œIni merupakan pertemuan pertama kita bersama rekan rekan dalam pembuatan soal untuk menguji kemampuan anak anak didik kita setelah 3 tahun lebih dilakukan secara onlineā€ ucapnya dalam sambutan yang dilakukan. Hal ini dipertegas kembali oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL(K).M.Kes. dalam sambutannya,Ā  beliau menjelaskan bahwa dalam kegiatan pembuatan soal seperti ini alangkah lebih baiknya dilakukan secara offline karena delegasi bisa lebih fokus dalam pembuatan soal dan lebih efisien, ā€œBesar harapan kita semua semoga dalam pembuatan soal ini kedepannya tetap bisa dilakukan secara offline, karena dari pengalaman bersama rekan rekan, jika kegiatan dilakukan secara online kurang fokus dan kurang efisien, jika dilakukan secara offline seperti ini, untuk mencari solusi bisa langsung pindah ke meja yang lain untuk diskusi singkat ā€ ucapnya dalam sambutannya. Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL(K).M.Kes. selaku dekan kemudian membuka acara tersebut secara resmi yang kemudian acara tersebut dilanjutkan pemaparan materi oleh pemateri, yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan dan review soal sampai selesai. Setelah dilakukanĀ  pembuatan dan review soal dan kemudian pengecekan, AIPKI wilayah 5 menghasilkan 450 soalĀ  yang berkualitas sesuai dengan kriteria Standar Nasional. Selanjutnya soal soal yang sudah disusun tersebut akan dimasukkan kedalam bank soal nasional ujian kedokteran nasional.

Fakultas kedokteran menjamu delegasi yang hadir di hotel sima Kuta Mandalika, yang mana sekarang kuta merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Pulau Lombok. Hal ini bermaksud untuk agar seusai proses pembuatan dan review soal Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dapat menjamu untuk touring ke beberapa tempat ikonik pulau Lombok. Rombongan delegasi kemudian dibawa menuju ke beberapa tempat salah satunya dibawa menuju sirkuit mandalika bagian VIP desk observation atau dikenal dengan bukit jokowi. Peserta delegasi diperbolehkan selama 1 jam di bagian tersebut untuk berfoto foto menikmati keindahan dari sirkuit tersebut. Selanjutnya Peserta dibawa menuju pantai tanjung Ann untuk rehat sekaligus menikmati indahnya salah satu pantai di pulau Lombok yang kemudian rombongan delegasi dibawa menuju Desa Sade dan Desa Sukarara untuk membeli beberapa souvenir khas lombok, terlebih khusus kain khas Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X