Fakultas Kedokteran Unram gelar Hybrid Webinar bersama Telkomsel

Rabu, 13 Oktober 2021 Fakultas Kedokteran mengadakan kegiatan hybrid webinar bekerja sama dengan Telkomsel Cab. Nusa Tenggara Barat. Kegiatan yang berjudul membuka tabir Kuliah di FK Unram dihadiri oleh tamu spesial yakni Bapak Yose Rizal, Dewan Komisaris Telkomsel. Selain itu, ada beberapa perwakilan siswa SMA yang datang untuk menghadiri acara ini secara offline di Aula dr. Yunita Sabrina FK Unram, seperti SMA 7 Mataram, SMA Kusuma Mataram, SMA 1 Brang Rea Sumbawa Barat dan lainnya. “Tutur Ketua Panitia, Dr.dr.Rohadi Sp.BS (K)”

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Unram Dr.dr.Hamsu Kadriyan SpTHT-KL(K).,M.Kes menyebutkan kegiatan ini merupakan kegiatan positif bagi FK Unram untuk membuka diri ke dunia luar dalam hal kerja sama membangun FK yang umurnya masih di usia remaja. FK Unram adalah institusi yang didirikan sejak 2003 (18 tahun yang lalu) dan sudah terkareditasi A, melalui pencapaian dan bukti deretan prestasi, FK Unram layak menerima banyak siswa baru dengan kapasitas 200 orang / tahun ajaran baru dan membuka beberapa program studi baru seperti program studi pendidikan spesialis Obgyn dan Bedah, serta beberapa prodi lainnya. Besar harapan kami, pihak Telkomsel dapat memberikan kontribusi membangun teknologi kedokteran di FK Unram sesuai dengan misi FK Unram “Mengembangkan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan, mengembangkan, dan memanfaatkan IPTEK kedokteran dan kesehatan bagi masyarakat

Hybrid Webinar  ini merupakan bentuk nyata proses penerapan 5G dalam skala kecil, kegiatan di lakukan di Mataram namun manfaatnya bisa dirasakan sampai keseluruh daerah NTB. Kedepan pemanfaatan 5G masih banyak lagi yang bisa di nikmati, seperti pada adik-adik siswa dapat mendownload buku atau buku dengan lebih cepat, bagi mahasiswa FK dapat belajar langsung misalnya organ tubuh jantung, paru-paru atau lainnya dengan metode AR (Augmented Reality) sehingga lebih mudah visualisasinya, atau juga bagi dokter dalam melaksanakaan praktik kedokteran, teknologi 5G dapat mempermudah akses kesehatan seperti denyut nadi, laju pernapasan, atau suhu di manapun pasien tersebut berada sehingga pemantauan pasien lebih efisien, manfaat lain dapat dilakukan Telesurgery seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu ahli Bedah di China, yang berhasil malakukan operasi dari jarak 32 mil dengan bantuan robotic surgery. Beberapa manfaat lainnya masih banyak yang akan di dapatkan dengan kemudahan akses dari 5G. Tutur Bapak Yose Rizal yang memberikan materi pertama dalam kegiatan ini.

Menurut Abiyyu mawapres FK Unram tahun 2021, berkuliah di jurusan yang memiliki kesan “Mahal” tanpa membayar sepeserpun. Dengan latar belakang yang tidak memiliki privillege apapun, berprestasi merupakan salah satu cara untuk memberikan timbal balik ungkapan terima kasih kepada kampus saya . Menjadi mahasiswa berprestasi membutuhkan usaha dan pengorbanan yang lebih besar dari biasanya, terdapat beberapa poin penting untuk mampu menjadi berbeda dari yang lain, yaitu: (1) menyeimbangkan berbagai kesibukan sesuai proporsinya masing-masing; (2) menentukan tujuan dengan metode SMART; dan (3) mengevaluasi diri sendiri sehingga paham dan sadar terkait hal hal apa yang sudah dimiliki dan belum dimiliki sehingga bisa memaksimalkan apa yang ada. “ujar Abiyyu”

Pemaparan dari Kak Puji (sapaan hangat Pujiarohman S.Psi.,M.Psi) bagi adik-adik mahasiswa yang sudah berniat dan ingin berkuliah di FK Unram, persiapan mental tidak boleh di sepelekan. Karena menjadi seorang mahasiswa  kedokteran atau dokter nantinya, akan mempersiapkan keadaan belajar sepanjang hayat (Long Life Learning), mempersiapkan diri dalam “pergaulan” kedokteran dengan keseharian tutorial, menghafal struktur tubuh manusia (anatomi), melihat atau berhadapat langsung dengan cadaver atau menghafal fungsi-fungsi pada manusia (fungsional). Dengan demikian, waktu tidur ataupun bersantai di awal pasti akan berkurang. Sehingga dari sini semua, adik-adik harus mempersipkan mental yang banyak. “Ujar Kak Puji”

Selain pemaparan materi yang menarik dan sangat baru, kegiatan ini juga membuka sesi diskusi secara hybrid (offline & Online). Kesempatan berkomunikasi secara langsung dengan narasumber, mendapatkan hadiah doorprize bagi semua peserta aktif dari pihak Telkomsel adalah beberapa keuntungan mengikuti acara seperti ini.

Salah satu mata kuliah yang banyak diimpikan adalah karir dokter, yang setelah lulus pasti akan menjadi seorang dokter. Di tingkat universitas, departemen ini disebut departemen pelatihan medis dan di umum disebut departemen medis. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang ingin menjadi dokter, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu gelar ini.

Bagi adik2 yang ingin mewujudkan Impian menjadi dokter, dapat menempuh kuliah di FK Unram, selain FK Unram ini berkareditasi A (memiliki bobot yang sama dengan fakultas negeri lainnya) keunggulannya rekan2 bisa bersekolah dekat dengan keluarga,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X