FAKULTAS KEDOKTERAN UNRAM MENAMBAH LULUSAN DOKTER BARU PADA UKMPPD NOVEMBER 2022

Mahasiswa Prodi Profesi FK Unram berhasil lulus UKMPPD (Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter) dengan persentase kelulusan masing-masing 90% untuk ujian CBT/Computer Based Test maupun OSCE/Objective Structured Clinical Examination pada  pelaksanaan UKMPPD periode bulan November 2022. FK Unram sendiri telah melaksanakan UKMPPD yang pada awalnya dikenal dengan istilah UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia) sejak bulan Agustus 2014. Sebagaimana diketahui bahwa Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter merupakan satu-satunya ujian yang diselenggarakan oleh negara bagi calon dokter Indonesia untuk mendapatkan gelar dokter. Dalam setahun, UKMPPD diselenggarakan 4 kali yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Peserta UKMPPD dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar dokter apabila peserta berhasil lulus pada kedua tes tersebut (CBT dan OSCE). Syarat untuk bisa mengikuti UKMPPD adalah mahasiswa kedokteran harus menyelesaikan pendidikan preklinik, klinik, dan dinyatakan lulus oleh fakultas kedokteran masing-masing. FK Unram menyelenggarakan seleksi kepada calon peserta UKMPPD yang telah dinyatakan lulus di semua bagian tahap klinik/profesi berupa Try Out CBT Lokal. Bagi calon peserta yang dinyatakan lulus TO CBT lokal maka berhak mengikuti UKMPPD.

Fakultas memfasilitasi kegiatan pembekalan bagi peserta UKMPPD selama sekitar 8 pekan, dimana proses pembekalan tersebut melibatkan dosen FK Unram dan tutor sebaya. Selama 8 pekan peserta mengikuti beberapa rangkaian kegiatan berupa penyampaian materi baik oleh dosen maupun tutor sebaya, pengerjaan soal latihan, latihan keterampilan medik yang dibimbing langsung oleh dosen, kegiatan TO CBT dan TO OSCE lokal. Tutor sebaya merupakan dokter yang baru lulus di FK Unram yang direkrut oleh Prodi Profesi FK Unram untuk membantu kegiatan pembimbingan peserta UKMPPD. Adanya tutor sebaya ini sangat membantu peserta UKMPPD selama proses pembimbingan karena usia peserta dan tutor yang hampir sama sehingga diskusi dapat berjalan baik. Kegiatan pembekalan tidak hanya berupa pembimbingan namun juga terdapat sesi motivasi yang diberikan oleh tim UKBK (Unit Konseling dan Bimbingan Karier) untuk dapat meningkatkan semangat peserta UKMPPD. Selain itu, terdapat sesi doa bersama yang dipimpin oleh dosen FK Unram sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan kepada Alloh SWT agar UKMPPD dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Semoga ke depannya persentase kelulusan UKMPPD semakin meningkat karena persentase kelulusan UKMPPD khususnya bagi first taker merupakan komponen penilaian akreditasi dan syarat untuk mendapat predikat unggul untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter.

Jaya terus FK Unram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X