FK Unram Jajaki Kerjasama dengan Negeri Jiran

Malaysia (4/11/2022). Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, DR.dr.Hamsu Kadriyan Sp.THT-KL (K).,M.Kes  dengan perwakilan Rumah Sakit Kuala Lumpur, Malaysia Prof. Azmi Alias M.D.,PhD melakukan pembicaraan awal di Kuala Lumpur untuk menjalin Kerjasama dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengbadian masyarakat.

Dalam proses kunjungan ini, Bapak Dekan ditemani oleh Dr. Arfi Syamsun Sp.KF.,M.Si.Med (Wakil Dekan  FK Unram), Dr.dr. Herpan Syafii Sp.S (Kepala program studi pendidikan Spesialis Syaraf), dr. Decky Aditya Zulkarnaen (staff Muda FK Unram, dan 4 orang mahasiswa. Perwakilan Rumah Sakit Kuala Lumpur yaitu Prof. Azmi Alias, Dr. Sarah Atiqah, dr. Fadzhlishah Johanabas, dan rekan kepegawaian lainnya.

Puji syukur pertemuan ini dapat terwujud setelah beberapa pekan sebelumnya kami melakukan pembicaraan secara online (pertemuan virtual) bersama Prof. Azmi dan tim Rumah Sakit Kuala Lumpur. Tujuan pertemuan ini adalah untuk membuka keran kerjasama yang lebih luas untuk perkembangan FK Unram. FK Unram dalam waktu dekat akan membuka program studi spesialis penyakit saraf, besar  harapan untuk stase (jejaring) dapat dilakukan di luar negeri dalam beberapa bulan proses pendidikan. Untuk program studi yang telah berjalan yaitu program pendidikan spesialis bedah, diaharapakan pada tahun yang akan datang para residen (calon dokter spesialis) dapat  menimba ilmu disini, sehingga variasi kasus yang didapatkan lebih banyak. Bagi para mahasiswa pendidikan dokter, mereka dapat melakukan magang sebelum memasuki fase pendidikan profesi atau penelitian-penelitan untuk menyusul karya tulis ilmiah.  Maksud lain dari pertemuan ini untuk mempersiapkan lulus FK Unram menghadapi MEA 2025 dalam sector kesehatan, sehingga wawasan dan keterampilan para lulusan FK Unram baik program dokter dan spesialis jauh lebih mumpuni, tutur Dekan FK Unram.

Menurut Prof Azmi sebagai perwakilan Rumah Sakit Kuala Lumpur, Kerjasama ini merupakan langkah sangat baik, dan kami sangat terbuka untuk melakukan Kerjasama untuk proses pendidikan karena Rumah Sakit kami telah  banyak menjalin Kerjasama dengan Universitas ternama di beberapa Negara. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh FK Unram Sekarang adalah mempersiakan dokumen-dokumen kerjasama kalau bisa dalam lingkup yang luas tidak hanya 1 atau 2 bagian saja, kemudian mempertimbangan biaya hidup (living cost)¸ asuransi kesehatan dan keperluan lainnya. mungkin nanti dalam pengurusan kerjasama ini akan melibatkan waktu yang tidak sedikiti, semoga harapan besar kita, tahun depan sudah bisa memulai kerjasama. Selain melakukan diskusi hangat di Rumah Sakit Kuala Lumpur, Prof Azmi juga mengajak seluruh delegasi FK Unram untuk berkeliling melihat lingkungan dan fasilitas proses pembelajaran dibeberapa tempat proses pendidikan, seperti perpustakaan, ruang operasi, ruang perawatan pasien, ruang pemeriksaan EEG dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X