Gugus Penjaminan Mutu

Struktur Pengelola Gugus Penjaminan Mutu

1. Gugus Penjaminan Mutu (GPM)

Fakultas Kedokteran adalah unsur pelaksana yang bertugas mengkoodinasi pelaksanakan kegiatan penjaminan mutu akademik.

2. Tim GPM :

Ketua                                       :    dr. Nurhidayati, M. Kes

Sektretaris                               :    dr. Devi Rahmadhona, Sp. PK

Koordinator Bidang SPMI    :    dr. Fitriannisa Faradina Zubaidi, M.Biomed.Sc.

Anggota                                  :    dr. Rifana Cholidah, M. Sc

                                                      dr. Dyah Purnaning, Sp. OT

                                                      apt. Ni Made Amelia Ratnata Dewi, M. Farm. Klin.

                                                      apt. Rizqa Fersiyani Deccati, S. Farm., M. Farm

Koordinator Bidang Audit     :    apt. Chandra Eka Puspitasari, S. Farm, M. Sc

Anggota                                   :    apt. Legis Ocktaviana Saputri, M. Biomed

                                                      apt. Eskarani Tri Pratiwi, M. S. Farm

                                                      dr. Siti Farida SW, Sp. M (K)

3. Tugas GPM

GPMbertugas untuk :

  1. Mengkoordiasi penyusunan dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) fakultas;
  2. Melaksanakan program monitoring, evaluasi dan Audit Mutu Internal di lingkungan fakultas secara berkala;
  3. Melaksanakan pelatihan dalam rangka peningkatan mutu di fakultas;
  4. Membantu pengelola fakultas dalam pelaksanaan akreditasi dan sertifikasi di fakultas;
  5. Membantu pengelola fakultas persiapan pembentukan program studi baru;
  6. Mengkoordinasi pelaksanaan evaluasi kepuasan;
  7. Menyusun Rencana Kerja Tahunan;
  8. Melakukan evaluasi program kerja dan menyusun laporan kinerja tahunan;

4. Gallery kegiatan GPM

a. Penyusunan Dokumen Evaluasi Ketercapaian SPMI Tahun 2021

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 24-26 Mei 2021 secara luring di Hotel Jayakarta Senggigi dengan hasil tersusunnya Empat dokumen mutu SPMI meliputi: Kebijakan, Manual, Standar, dan Formulir SPMI 2021-2025.

b. Audit Mutu Internal (AMI) SPADA tahun 2021

Kegiatan AMI SPADA dilaksanakan secara daring pada Hari Kamis tanggal 21 April 2022menghadirkan Dekanat (WD 1 dan WD 2), perwakilan Dosen, Tenaga Pendidik, dan Mahasiswa dari 2 Program Studi dibawah Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Farmasi). Evaluasi terhadap SPADA Unram baik dari segi kemudahan akses, kelengkapan, maupun kualitasnya, guna mendukung proses belajar mengajar di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring melalui e-learning SPADA, serta mengetahui kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dan dosen di dalam penggunaan SPADA.

c. Sosialisasi dan Evaluasi Pemahaman VMTS Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Tahun 2021

GPM FK UNRAM sesuai dengan tupoksi dan program kerja tahunan mengkoordinasi pelaksanaan Sosialisasi dan Evaluasi Pemahaman VMTS Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dan Program studi dalam lingkup koordinasinya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengukur pemahaman civitas akademika dan tenaga Kependidikan FK Unram tentang VMTS FK Unram, serta mengevaluasi implementasi VMTS FK Unram dan Prodi dalam lingkup koordinasinya dalam kegiatan Tridharma perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilakukan secara Daring pada Tanggal 02 November 2021.

d. Pembimbingan Akreditasi oleh Tim Fakultas Kedokteran Jember (FK Unej)

GPM turut berpartisipasi dalam Kegiatan Kunjungan dan Sharing oleh Tim Akreditasi FK Unej yang dilakukan Selama 2 hari tanggal 28-29 Januari 2022. Dalam pertemuan tersebut tim akreditasi FK Unram yang turun full team memanfaatkan pengalaman yang telah dijalani FK Unej sampai mereka berhasil mendapatkan akreditasi unggul dari LAMPTKes. Turut hadir dalam kunjungan tersebut penanggung jawab kriteria-kriteria dan tim IT FK Unej.

e. Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Tahun 2022

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 03 Februari secara daring dan dilanjutkan tanggal 04 Februari 2022 secara luring di Auditorium DR. Yunita Sabrina. GPM melaksanakan kegiatan workshop SPMI sebagai bagian dari proses Pelaksanaan dari siklus PPEPP. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tim pengelola Fakultas Kedokteran, termasuk pengelola prodi/bagian/laboratorium/unit serta civitas akademika dan alumni tentang SPMI.

f. Workshop Audit Mutu Internal (AMI) Tahun 2022

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19, 20 dan 25 Mei 2022. Pada acara ini, Tim GPM FK Unram bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Mataram mengadakan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman terhadap Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan pelatihan auditor pada sivitas akademika FK Unram pada khususnya dan Universitas Mataram pada umumnya. Dengan adanya acara ini diharapkan akan meningkatkan jumlah auditor mutu internal pendidikan Universitas Mataram, meningkatkan pemahaman auditor mutu internal terhadap SPMI, meningkatkan keterampilan auditor mutu internal dalam proses audit (menyusun instrumen audit, desk evaluation dan wawancara) dan menyusun laporan audit.

g. Lokakarya VMTS dan Kurikulum Prodi Baru di Lingkup Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Tahun 2022

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (Daring dan Luring di Aula Dr. Yunita Sabrina) pada Hari Kamis dan Jumat Tanggal 19 dan 20 Mei Tahun 2022. Kegiatan ini mengundang para Stakeholder terkait Seperti Kolegium, Universitas Pendamping Pendirian Prodi, Rumah Sakit Pendidikan, Dosen dan Tim Penyusun. Kegiatan ini bertujuan mendapat masukan dari Stakeholder internal dan eksternal terkait dengan draf VMTS dan Kurikulum dari Prodi baru yang telah disusun oleh Tim dan memenuhi baku mutu/ prosedur penyusunan dokumen.

h. Rapat Rutin GPM

Kegiatan rapat rutin GPM dilaksanakan setiap minggu kedua pada hari jumat pukul 14.30 hingga 16.00 WITA

5. Struktur Kepengurusan

FotoNamaJabatan
dr. Nurhidayati, M.Kes.Ketua
dr. Devi Rahmadhona, Sp.PKSekretaris
dr. Fitrianisa Faradina Zubaedi, M.ScKoordinator Bidang SPMI
dr. Rifana Cholidah, M.ScAnggota
dr. Dyah Purnaning, Sp.OTAnggota
apt. Ni Made Amelia Ratnata Dewi, M.FarmAnggota
apt. Rizqa Fersiyani Deccati, S,Farm.,FarmAnggota
apt. Candra Eka Puspitasari, S.Farm., M.ScKoordinator Bidang Audit
dr. Siti Farida SW., Sp.M(K)Anggota
apt. Legis Ocktaviana Saputri, M.BiomedAnggota
apt. Eskarani Tri Pratiwi, M.S.FarmAnggota
X