Hari Pertama Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FK Universitas Mataram Berjalan Lancar.

Hari senin tanggal 27 juni 2022 merupakan hari pertama kegiatan asesmen lapangan akreditasi kedua prodi dibawah pengelolaan FK Unram tersebut. Pada hari sebelumnya, telah dilakukan penyamaan persepsi antara tim asesor dan tim akreditasi FK unram terkait susunan acara asesmen lapangan pada hari pertama. Asesmen lapangan dimulai dengan pembukaan dengan sambutan dari rektor Universitas Mataram yang diwakili oleh wakil rektor bidang umum dan keuangan, Prof. Dr. Kurniawan, SH, M.Hum dan dilanjutkan dengan sambutan dekan FK Unram, Dr. dr. Hamsu Kadriyan, SpTHT-KL(K). Pada kesempatan tersebut, Ketua tim asesor Prof. Dr. dr. I dewa Gede. Ugrasena, SpA(K) memperkenalkan tim yang ditugaskan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri bidang Kesehatan (LAMPT-Kes). Beliau ditemani oleh dr. Bagus Putu Putra Suryana, SpPD(K-R) dan Dr. dr. Eti Nurwening Sholikah, M.Kes, M.Med. Ed.

            Selanjutnya asesmen dilakukan secara marathon untuk mengecek dokumen dan bukti-bukti lainnya. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan wawancara dengan berbagai pihak seperti dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan mitra yang bekerja sama dengan FK Unram. Dari pihak mitra yang hadir antara lain wakil direktur RSUD Propinsi NTB, Kepala dinas Kesehatan Propinsi NTB, Kepala BASARNAS, direktur RSJ Mutiara Sukma, Kepala Bidang pendidikan dan pelatihan RSUD PPP Gerung dan RSUD Praya.

            Kegiatan dilanjutkan dengan asesmen terhadap wahana pendidikan yang digunakan FK Unram, antara lain kunjungan diakukan ke rumah sakit pendidikan utama di RSUD Propinsi NTB, puskesmas Narmada dan rumah sakit jejaring di Rumah Sakit Universitas Mataram. Pada pengamatan tersebut para asesor mengunjungi berbagai fasilitas pendidikan yang ada seperti fasilitas dokter muda di bagian radiologi, bagian pediatri, ruang jaga koas, dan ruang pertemuan yang digunakan untuk proses pendidikan. Saat kunjungan tersebut, asesor didampingi oleh dekanat dan kaprodi PSPD dan Profesi Dokter (Dr. dr. E Hagni Wardoyo, SpMK dan dr. Ilsa Hunaifi, SpN(K)).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X