HMPD Mengabdi 2022 : Mewujudkan Pengabdian Kedokteran Kepulauan
melalui Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat Pesisir

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu aspek dari tridharma perguruan tinggi yang wajib ditunaikan oleh setiap civitas akademika yang menjadi bagian dari suatu institusi perguruan tinggi di Indonesia. Pada tanggal 30 Oktober 2022, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram mengadakan kegiatan HMPD Mengabdi 2022 untuk mewujudkan tugas mulia ini. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Taman Ayu, Lombok Barat yang tepat berada di pesisir pantai.


HMPD Mengabdi tahun ini membawakan tema Stunting, suatu permasalahan perkembangan anak yang masih memiliki prevalensi tinggi di Nusa Tenggara Barat. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini dirangkaikan pula pemeriksaan antropometri kepada anak-anak di desa Taman Ayu, untuk kemudian dikonsultasikan kepada dokter yang bertugas. Namun, pemeriksaan kesehatan yang ditawarkan tidak hanya terbatas pada anak saja, namun masyarakat umum dewasa juga dapat turut serta melakukan pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan tanda vital dan konsultasi gratis pada dokter yang bertugas, yang selanjutnya akan diberikan obat-obatan gratis bila diperlukan.


Kegiatan ini tidak hanya berisikan pemeriksaan kesehatan. Diadakan pula penyuluhan mengenai stunting kepada semua peserta yang hadir dalam acara ini. Selain itu, para staf HMPD juga mengajak anak-anak yang hadir untuk bermain berbagai macam permainan edukatif untuk mengisi waktu luang anak-anak dengan hal-hal yang positif di tengah kegiatan HMPD Mengabdi ini. Besar harapannya dari kegiatan HMPD Mengabdi ini, masyarakat di Desa Taman Ayu dapat merasakan dampak positif yang nyata untuk meningkatkan Kesehatan masyarakat pesisir di Pulau Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X