Kaleidioskop Fakultas Kedokteran Universitas mataram Tahun 2021

Tak terasa kalender tahun 2021 akan segera berakhir. Banyak catatan baik yang berhasil ditorehkan oleh FK Unram dalam setahun ini. Namun tidak sedikit juga target yang belum dapat direalisasikan mengingat banyaknya tantangan dan rintangan yang dihadapi. Berikut beberapa pencapaian yang berhasil dihimpun oleh redaksi.

  1. Dari sisi SDM, FK Unram berhasil menambah dosen berkualifikasi S3 sebanyak 7 orang. Selain itu, masih ada 30 dosen yang sedang mengikuti program S3 baik di dalam maupun luar negeri sehingga diharapkan tahun 2022 jumlah dosen berkualifikasi S3 akan semakin bertambah.
  2. Dari sisi Akreditasi, FK Unram berhasil memperbaiki peringkat akreditasi program studi farmasi menjadi B.
  3. Berdasarkan Publikasi internasional bereputasi, FK Unram selama tahun 2021 berhasil mempublikasikan 39 artikel dan menjadi fakultas dengan penyumbang artikel ke-3 terbanyak di Universitas Mataram. Demikian juga untuk sitasi pada tahun 2021 sebanyak 369 sitasi.
  4. Untuk mendukung penulisan civitas akademika, FK Unram telah berlangganan jurnal ilmiah kedokteran melalui proquest. Hal ini tentunya untuk memudahkan pencarian sumber pustaka bagi seluruh penulis di FK Unram.
  5. FK Unram berhasil menjadi 2 penyelenggara seminar internasional yaitu 2nd Head and Oncology Conference dan Konferensi Virtual Bedah Syaraf Internasional se Asia.
  6. Kerja sama internasional yang terbangun saat ini meliputi kerja sama penelitian dengan Ryukyus University di Jepang, Kyoto University di Jepang, Manila University di Philipina, Western University Autralia. FK unram juga bekerja sama dengan badan dunia seperti SEAMEAO RECFON dalam riset tentang stunting. Kerja asama dengan badan nirlaba seperti Nexus One dan Summit institute juga berjalan dengan baik yang melibatkan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.
  7. FK Unram sukses menjadi tuan rumah rapat forum dekan Fakultas Kedokteran Negeri di Indonesia yang merupakan Kegiatan luring pertama sejak munculnya pandemic Covid-19.
  8. Dari sisi hasil ujian UKMPPD dan retaker, FK Unram berhasil mencapai angka kelulusan first taker sebesar 100 persen dan menyisakan hanya 1 retaker. Hal ini tentu sangat membanggakan mengingat jumlah retaker se Indonesia masih berjumlah sekitar 2500 orang. Bahkan salah satu mahasiswa FK Unram berhasil memperoleh nilai tertinggi kedua UKMPPD periode Agustus 2021 atas nama I Kadek Semadi.
  9. Prestasi mahasiswa baik di level internasional, nasional, maupun tingkat Universitas menunjukkan tren yang sangat baik dimana mahasiswa FK Unram berhasil menjadi juara pada berbagai ajang. Juara-juara tersebut antara lain Abiyyu Didar haq, Luh Putu Ditha dan lain-lain.
  10. Program pengabdian kepada masyarakat juga cukup massive yang melibatkan dosen maupun mahasiswa, walaupun di masa pandemi covid-19 seluruh civitas akademika FK Unram tetap aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat.
  11. Dalam bidang Pendidikan, kegaiatan belajar mengajar menggunakan system hybrid (daring dan luring) sehingga kompetensi mahasiswa masih dapat terjaga dengan baik.
  12. Surveliance akreditasi PSPD dan Profesi dokter menempatkan FK Unram tetap pada posisi terakreditasi A, sehingga hal ini menjadi modal penting untuk mengajukan akreditasi ulang pada tahun 2022 dengan target akreditasi unggul pada kedua prodi tersebut.

Dibalik sederte prestasi tersebut, masih banyak pekerjaan rumah yang menanti untuk diselesaikan pada tahun 2022, antara lain:

  1. Pengusulan program studi spesialis Bedah
  2. Pengusulan program studi spesialis Obgyn
  3. Pengusulan program studi profesi Apoteker
  4. Pengusulan program studi spesialis Neurologi
  5. Pengusulan program studi spesialis Paru
  6. Pengusulan program syudi magister kesehatan
  7. Akreditasi Internasional untuk pspd dan profesi dokter
  8. Pembangunan Gedung baru FK untuk mendukung program yang akan dibuka
  9. Usulan ke Lembaga donor seperti JICA (Jepang) dan KOICA (Korea) perlu ditindak lanjuti untuk mendukung kegiatan FK Unram.
  10. Dan masih banyak lagi pekerjaan besar yang harus dikerjakan secara sistematis dan bersama-sama seluruh civitas akademika FK Unram.

Semoga catatan kecil ini bisa memicu seluruh civitas akademika FK Unram untuk terus berkarya demi mencapai visi FK Unram menjadi institusi Pendidikan yang berperan aktif dalam pengembangan iptek kedokteran dan kesehatan serta berdaya saing internasional pada tahun 2025.

Selamat menantikan tahun baru 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X