Kinerja Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Semakin Menjanjikan

Kepercayaan terhadap FK Universitas Mataram semakin menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Selain karena angka kelulusan UKMPPD yang mencapai 97% dan retaker yang hanya tertinggal 1 orang saja, FK Universitas Mataram sejajar dengan Fakultas Kedokteran yang telah lebih dulu berdiri.

Kali ini kepercayaan kembali datang dari kolegium ilmu pulmonologi dan kedokteran respirasi Indonesia atau yang dahulu lebih dikenal dengan kolegium dokter spesialis paru. FK Unram telah divisitasi oleh ketua kolegium ilmu pulmunologi dan kedokteran respirasi (Prof. dr. Faisal Yunus, SpP(K), PhD) bersama tim pada tanggal 29-30 Oktober 2021. Pada visitasi tersebut, beliau sangat terkesan dengan FK Universitas Mataram yang berkolaborasi dengan rumah sakit pendidikan utama yaitu RSUD Propinsi NTB dalam penyiapan program studi pendidikan dokter spesialis ilmu pulmonologi dan kedokteran respirasi (PPDS 1 Paru).

            Setelah dilakukan telaah dokumen, survei ke sarana pendidikan seperti RSUD Propinsi NTB, RS Universitas Mataram, dan FK Unram, beliau berkesimpulan bahwa PPDS 1 ilmu pulmonologi dan kedokteran respirasi FK Universitas Mataram sangat layak untuk dibuka. Beliau berjanji akan segera mengeluarkan rekomendasi untuk pembukaan prodi tersebut.             Terpisah, Dekan FK Unram, Dr. dr. Hamsu Kadriyan, SpTHT-KL merasa sangat bersyukur dengan hasil tersebut, namun beliau mengingatkan bahwa untuk sampai pada terbitnya izin operasional PPDS tersebut masih membutuhkan usaha dan perjuangan yang cukup panjang. Diantaranya nanti harus mendapat rekomendasi dari konsil kedokteran Indonesia (KKI) dan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Namun demikian, Dekan sangat yakin dalam waktu yang tidak terlalu lama, program studi spesialis tersebut akan segera terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X