Mahasiswa FK Unram Menjadi Juara di Kompetesi Tingkat Internasional

Tim perwakilan yang diketuai oleh Abiyyu Didar Haq dengan beranggotakan Visakha Vidyadevi Wigunadan Putu Diah Ananda Putri Atmaja yang ketiganya merupakan mahasiswa pre klinik pada Fakultas Kedokteran Universitas Mataram berhasil meraih 2nd  Runner Up pada kategori International LiteratureReview Competition di ajang kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) pada bulan Agustus 2021 yang lalu.

Meskipun kegiatan tersebut dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring) akibat Pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi, tidak memutus semangat ketiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2018 ini untuk menorehkan prestasi dan mengimplementasikan keilmuan yang diterima semasa perkuliahan. Ketertarikan tim ini terhadap dunia kepenulisan serta keilmiahan mendorong ketiga mahasiswa ini untuk mendobrak segala batasan yang ada demi perkembangan ilmu kedokteran. Setelah lebih dari 20 kompetisi yang diikuti, akhirnya ketiga mahasiswa ini mampu membawa nama Fakultas Kedokteran Universitas Mataram di kancah Internasional berkat dukungan serta bimbingan dari dr. Cut Warnaini, MPH. yang merupakan dosen sekaligus peneliti pada Fakultas Kedokteran Unram.

Kompetisi keilmiahan tersebut merupakan kompetisi yang digelar bagi seluruh mahasiswa kesehatan di Indonesia maupun luar negeri. Kompetisi diselenggarakan secara daring pada 27-29 Agustus 2021.Dengan tajuk “Neuropsychiatry: Bridge the Gap of Physical, Mental, and Spiritual Health”, tim mahasiswa FK Unram membawakan sebuah kajian sistematik yang terfokus pada tatalaksana penyakit Alzheimer yang saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi populasi lanjut usia di seluruh dunia. Semoga keberhasilan kali ini akan diikuti dengan lebih banyak keberhasilan-keberhasilan lainnya yang akan meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir analitik khususnya di kalangan peserta didik dan civitas akademika Universitas Mataram tercinta.

Rektor Universitas Mataram, Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH, M.Hum mengapresiasi capaian prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa tersebut. Rektor yang didampingi oleh wakil rector bidang kemahasiswaan (Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani) dan dekan FK Unram (Dr. dr Hamsu Kadriyan, SpTHT-KL), wakil dekan bidang kemahasiswaan FK Unram (Dr. dr. Rohadi, SpBS), serta pembimbing mahasiswa berprestasi tersebut (dr. Cut Warnaini, MpH) memberikan insentif secara simbolis kepada mahasiswa FK Unram tersebut pada hari rabu 15 september 2021. Rektor berpesan bahwa insentif ini dimaksudkan untuk merangsang lahirnya prestasi-prestasi mahasiswa lainnya di Universitas Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X