Miliki Muatan Lokal Berbasis Kepulauan; Fakultas Kedokteran Universitas Mataram melalui TBM Bumi Gora Laksanakan Pelatihan Water Rescue

Mataram – Sabtu 12 Maret lalu, telah dilaksanakan kegiatan pelatihan Water Rescue atau penyelamatan dalam air yang dilakukan di Pantai Setangi, Lombok Barat oleh anggota Tim Bantuan Medis Bumi Gora Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dengan pihak BASARNAS sebagai pematerinya. Fakultas Kedokteran Universitas Mataram sendiri merupakan Fakultas Kedokteran dengan muatan lokal berbasis kepulauan, di mana salah satu pengimplementasiannya ialah dengan Pelatihan Water Rescue atau Penyelamatan Dalam Air ini.

Pihak BASARNAS mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat baik dilakukan sebagai pengenalan dan pelatihan guna membentuk sumber daya manusia yang kemudian dapat turut andil dalam kebencanaan sebagai ‘Potensi SAR’ atau orang yang dapat memberikan pertolongan awal sebelum petugas BASARNAS tiba.  “Semakin banyak orang yang menjadi ‘Potensi SAR’, maka semakin banyak pula orang yang dapat melakukan pertolongan saat dibutuhkan,” sambung Pak Agung dari BASARNAS NTB selaku pemateri kegiatan Pelatihan Water Rescue tersebut.

Adanya kegiatan ini juga disambut baik oleh mahasiswa sebagai peserta, di mana terdapat lebih dari 70 orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan Pelatihan Water Rescue ini. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan juga kepada peserta Pelatihan Water Rescue dapat memiliki kemampuan dan kecakapan untuk melakukan bantuan sebagai Tim Medis dalam setiap kegiatan operasi kebencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X