Pelaksanaan Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 di Wilayah Pesisir Pulau Lombok

4 Juni 2022

Tim Bantuan Medis Bumi Gora tahun ini diamanahkan sebagai tuan rumah kegiatan Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022. Tema Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 adalah Pesisir Sehat Indonesia Kuat. Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 diikuti sebanyak 50 orang delegasi dari 23 TBM Unit di seluruh Indonesia yang bertempat di Masjid Nurul Bilad, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Alasan pemilihan Kuta sebagai lokasi Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 sebab Kuta merupakan wilayah pesisir yang sesuai dengan muatan local Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang merupakan kedokteran kepulauan dan pesisir. Kegiatan ini didukung penuh oleh Dekanat dan Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran Universitas Mataram serta Pembina Tim Bantuan Medis Bumi Gora. Anggota Tim Bantuan Medis Bumi Gora angkatan pertama (alumni) hingga saat ini semuanya berkesempatan untuk hadir dan terlibat dalam kegiatan ini sehingga kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota TBM Bumi Gora.

Kegiatan Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 diikuti oleh sebanyak 336 peserta yang berasal dari warga sekitar Masjid Nurul Bilad, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah dan sekitarnya. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WITA diawali dengan penyuluhan mengenai NAPZA dan Infeksi Menular Seksual kepada masyarakat sekitar oleh dr. Agustine Mahardika, Sp.KJ. Masyarakat sekitar tampak antusias dengan terpenuhinya seluruh kursi yang ada di lokasi penyuluhan. Setelah penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan sirkumsisi atau khitan, berbagai pemeriksaan kesehatan, serta pengobatan gratis untuk seluruh masyarakat yang hadir. Kegiatan sirkumsisi pada Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 diikuti oleh anak – anak yang ada di wilayah sekitar Masjid Nurul Bilad, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Adapun dokter yang terlibat pada kegiatan ini antara lain dr. Zikrul Haikal, Sp.BA dan para anggota senior dari TBM Bumi Gora. Para delegasi turut mengambil bagian pada kegiatan sirkumsisi tersebut dengan menjadi asisten steril dan asisten non steril dokter yang melakukan tindakan.

Pemeriksaan kesehatan pada Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 yang tersedia antara lain adalah pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan USG, dan pemeriksaan THT. Pada pemeriksaan kesehatan umum diperoleh peserta sebanyak 138 orang yang merupakan masyarakat sekitar. Adapun yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan yaitu dokter – dokter yang merupakan anggota senior dari TBM Bumi Gora dan juga para delegasi yang turut mengambil bagian menjadi pemeriksa tekanan darah, pemeriksa gula darah, kolesterol, dan asam urat, dan juga melakukan anamnesis terhadap peserta bakti sosial.

Pemeriksaan USG pada Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 didapatkan peserta sebanyak 114 ibu hamil yang berasal dari masyarakat sekitar. Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain drArio DaniantoSp.OG., dr. Muhammad Rizkinov Jumsa, M.kes., Sp.OG, dan drAhmad Fadhli Bustomi, M.Biomed., Sp.OG. Para delegasi juga turut terlibat dalam pemeriksaan ini dengan membantu dan belajar mengoperasikan alat USG yang didampingi oleh dokter yang sedang melakukan tindakan. Para delegasi tampak sangat antusias mempelajari cara mengoperasikan alat USG dengan bergantian untuk mencoba mengoperasikan alat tersebut.

Pemeriksaan THT pada Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022 diperoleh sebanyak 78 peserta yang merupakan masyarakat sekitar. Yang terlibat dalam pemeriksaan THT ini antara lain drDidit Yudhanto, Sp.THT-KL, M.Sc., dr. Ika Prasetyaningrum, Sp.THT-KL dan juga para delegasi. Para delegasi turut mengambil bagian pada pemeriksaan ini dengan membantu mengoperasikan spooling THT pada para peserta bakti sosial. Pada pelaksanaan kegiatan ini, seluruh anggota Tim Bantuan Medis Bumi Gora, para delegasi, dan tentunya masyarakat sekitar sangat antusias dalam mengikuti dan menyukseskan Bakti Sosial Nasional PTBMMKI 2022. Sebagai tuan rumah, Tim Bantuan Medis Bumi Gora berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar berupa terciptanya kesehatan bagi masyarakat khususnya di wilayah pesisir. TBM Bumi Gora juga berharap dengan adanya kegiatan ini, para delegasi bisa menerima manfaat dan ilmu yang berguna untuk mereka ke depannya. Dengan diadakannya kegiatan ini juga TBM Bumi Gora berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung sehingga dapat mempererat tali silaturahmi lintas Angkatan TBM Bumi Gora dan TBM Unit di seluruh Indonesia serta memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X