Penyuluhan dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan tentang Osteoporosis pada anggota MUI Kota Mataram dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang umum terjadi dan mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah. Keadaan ini disertai kelainan mikroarsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya dapat menimbulkan kerapuhan tulang dan menyebabkan patah tulang patologis. Osteoporosis bisa terjadi pada perempuan dan laki-laki namun perempuan pasca menopause mempunyai peluang empat kali menderita osteoporosis dibandingkan laki-laki. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan mengenai osteoporosis. Pengetahuan tentang osteoporosis ini meliputi tentang faktor resiko, pencegahan osteoporosis, akibat osteoporosis dan pencegahannya. Osteoporosis dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi seimbang dan pola hidup aktif.  

Penyuluhan dilakukan pada anggota MUI kota Mataram yang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang mayoritas berusia lanjut. Tujuan dilakukannya penyuluhan ini diharapkan adanya peningkatan pengetahuan peserta penyuluhan tentang osteoporosis. Peserta terlihat antusias dengan terbukti banyaknya pertanyaan terkait osteoporosis kepada narasumber. Salah satu pertanyaan yaitu apabila sudah berusia lanjut dan sudah terjadi osteoporosis bagaimana mencegah terjadinya kemungkinan patah tulang. Peserta dijelaskan bahwa lingkungan rumah tempat tinggal harus mendukung misalnya dengan pemasangan railing kamar mandi untuk mencegah jatuh di kamar mandi. Lantai rumah juga tidak boleh licin, banyak kabel listrik tidak rapi yang meningkatkan kemungkinan jatuh tersandung. Selain kegiatan penyuluhan, kegiatan ini juga dilakukan pengobatan gratis kepada peserta. Penulis selaku sekaligus narasumber berharap penyuluhan seperti ini dapat lebih sering dilakukan dengan lingkup peserta yang lebih luas.

Dyah Purnaning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X