Profil Laboratorium Keterampilan Medik


Laboratorium Keterampilan Medik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram merupakan salah satu laboratorium yang didirikan untuk menunjang pembelajaran baik di tingkat sarjana maupun profesi. Laboratorium ini telah dibentuk sejak tahun kedua berdirinya Program Studi Pendidikan Dokter di Universitas Mataram.

Tujuan pendirian laboratorium keterampilan medik ini adalah untuk memberikan fasilitas pembelajaran dalam mencapai Standar Kompetensi Dokter Indonesia bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unram dan mendukung pencapaian visi dan misi Fakultas Kedokteran Unram.

Tugas pokok laboratorium keterampilan medik antara lain adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan dengan kegiatan praktikum keterampilan medik di Program Studi Pendidikan Dokter
  2. Berkoordinasi dengan Laboratorium Pengembangan Pendidikan Kesehatan dalam hal penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum secara keseluruhan sesuai dengan bidang ilmu.
  3. Melaksanakan Ujian Uji Coba dan OSCE UKMPPD Nasional

Sumber daya yang dimiliki oleh laboratorium adalah ruangan, manekin, alat dan bahan serta sumber daya manuasia berupa laboran yang terdiri dari 3 PNS dengan kualifikasi perawat dan analis serta 1 petugas IT.

Laboratorium ini dilengkapi dengan 24 ruang praktikum, 1 ruang gudang dan 1 ruang pengelola laboratorium yang tergabung dengan tempat penyimpanan manekin.

Pembelajaran dilaksanakan dalam kelompok kecil pada masing-masing ruang praktikum dengan kapasitas maksimal 12 orang. Setiap ruangan dilengkapi dengan tempat cuci tangan, bed pemeriksaan dan meja kursi yang mendukung pelaksanaan praktikum.

Manekin yang dimiliki laboratorium keterampilan medik terdiri atas manekin wajib OSCE UKMPPD dan manekin yang mendukung pembelajaran mahasiswa, seperti manekin full body dewasa dan anak, manekin bayi dan neonatus, manekin mata dan telinga, dan lain sebagainya. Alat pendukung praktikum juga tersedia di laboratorium ini, seperti stetoskop, tensimeter, set sirkus isi, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan laboratorium, laboran menyiapkan manekin, alat dan bahan yang akan digunakan oleh mahasiswa. Setiap mahasiswa yang akan menggunakan alat dari laboratorium, maka akan dilengkapi dengan lembar serah terima alat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas alat agar dapat digunakan lebih lama dan digunakan oleh lebih banyak orang.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan di laboratorium antara lain adalah pembelajaran mata kuliah Penalaran dan Keterampilan Klinik, mulai dari demonstrasi, latihan terstruktur, latihan mandiri dan ujian, ujian keterampilan medik komprehensif, pembekalan OSCE UKMPPD, uji coba ujian OSCE UKMPPD dan ujian OSCE UKMPPD. Laboratorium tetap memberikan layanan untuk kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar gedung laboratorium berupa peminjaman alat dan manekin. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah ujian stase tahap profesi, stase muatan lokal dan lain sebagainya.
Di luar kegiatan pendidikan intern Fakultas Kedokteran Unram, lboratorium keterampilan medik FK Unram juga memberikan layanan peminjaman manekin dan alat bagi civitas akademika dan umum untuk kegiatan selain pendidikan dengan biaya sewa yang telah diatur sesuai SK Rektor. Hingga saat ini telah banyak kegiatan yang menggunakan manekin dan alat dari laboratorium ini, seperti pelatihan perawat di RS Siloam, Simposium Nasional IDAI, dan masih banyak lagi.

Keberadaan Laboratorium Keterampilan Medik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, diharapkan selalu memberikan nilai tambah dan menjadi pusat kegiatan pendidikan dan pembelajaran di FK Unram dalam upayanya mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan.

X