Renungan Abdi Negara

Seorang PNS atau sekarang dikenal dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) menurut Undang-undang tentang reformasi birokrasi Republik Indonesia adalah pelayan publik. Dosen adalah salah satu ASN yang ditempatkan di sebuah Universitas. Dosen merupakan pelayan publik dengan pelanggan utama adalah mahasiswa.

Pelayan vs Pelanggan, pelayan adalah orang yang melayani sementara pelanggan adalah orang yang dilayani. Maka, dosen harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan utamanya yaitu mahasiswa.

Sebagai contoh di sebuah apotik, apoteker adalah pelayan bagi pelanggannya yaitu pembeli obat. Apoteker punya kewajiban untuk menjelaskan cara penggunaan obat sampai efek sampingnya. Jika pelanggan tidak puas dengan pelayanan apoteker maka dia tidak akan datang lagi ke apotik tersebut. Contoh lain, seorang dokter adalah pelayan bagi pasiennya (pelanggan). Dokter memiliki kewajiban untuk mendengarkan keluhan pasien, memeriksa pasien sampai mengobati pasien tersebut yang menjadi pelanggannya. Jika dokter tidak melakukan pelayanan dengan baik, maka pasien tersebut akan mencari dokter yang lebih baik pelayanannya. Jadi mari kita renungkan, bahwa dosen bukanlah berdiri lebih tinggi dari mahasiswa tetapi sebaliknya menjadikannya sebagai partner dalam pengembangan ilmu, riset dan pengabdian kepada masyarakat. Kebetulan saja dosen sudah belajar lebih dahulu, atau sekolah lebih dahulu dibandingkan mahasiswa tetapi bisa saja suatu saat mahasiswa kita akan menjadi lebih hebat dari kita yang menjadi dosennya. Keberhasilan mahasiswa tersebut adalah juga merupakan keberhasilan kita sebagai dosen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X