Rintisan Kerjasama FK Unram dengan National Defence Medical College Jepang

FK Unram terus menerus berupaya meningkatkan kualitas Pendidikan dan penelitian, salah satunya dengan melakukan penjajagan Kerjasama dengan institusi Pendidikan dan riset, dari dalam dan luar negeri. Kali ini FK Unram melakukan rintisan Kerjasama dengan National Defense Medical College (NDMC) Tokorozawa, Saitama prefecture, Jepang, pada hari Jum’at 16 September 2022 jam 15.00 waktu setempat. Pertemuan ini adalah sebagai tindaklanjut kunjungan yang dilakukan oleh Prof. Koki Kaku dan rombongan mahasiswa nya berkunjung ke Lombok tahun 2017 lampau. Beliau juga menyampaikan terimakasih atas kunjungan Rektor Universitas (Prof Ir. Sunarpi, Ph.D) dan Dekan FK Universitas Mataram pada tahun 2017 lampau.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kaprodi PSPD FK Unram, Dr. dr. E. Hagni Wardoyo, Sp.MK., Sp.KL., Kepala Divisi Epidemiologi Penyakit Infeksi, Prof Koki Kaku, MD., Ph.D., Staf Divisi Epidemiologi Penyakit Infeksi Assoc Prof. Atsuhiro Kanayama, Ph.D, konsultan Ryo Chida, dan 3 orang perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa Science and Cultural. Presiden NDMC Prof. Nariyoshi Shinomiya, MD., Ph.D yang berhalangan hadir menitipkan pesan, untuk merealisasikan Kerjasama tersebut. Presiden NDMC juga merupakan Editor dan Author textbook “Hyperbaric Oxygenation Therapy” sangat sesuai dengan butir Kerjasama adalah muatan unggulan Kedokteran Kepulauan dan kedepannya PPDS Kedokteran Kelautan FK Unram. Jika tidak terhalang pandemi, Prof. Kaku beserta mahasiswanya akan berkunjung Kembali ke Lombok bulan Maret tahun 2023 mendatang dengan berbagai agenda, salah satunya melihat kasus Malaria, Dengue dan penyakit kepulauan lainnya.

Dekan FK Unram Dr. dr. Hamsu Kadriyan, SpTHT-KL(K), M.Kes optimis kunjungan salah satu stafnya ke Jepang, dr. Hagni, yang saat ini juga sedang menjalani riset postdoctoral di Jepang bisa mempererat hubungan dan mengerucutkan menjadi Kerjasama antara FK Unram dan NDMC dalam waktu dekat.

E. Hagni Wardoyo, M.D., Clin. Microbiologist

Visiting Researcher- National Institute of Infectious Disease

Higashi-Murayama, Tokyo, Jepang

School of Medicine, Universitas Mataram

Jl. Pendidikan No. 37. Mataram Indonesia 83125 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X