RSUD Propinsi NTB Selaku Rumah Sakit Pendidikan Utama FK Unram Mendukung Upaya Meraih Akreditasi Unggul bagi Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Propinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra, MARS, MH atau yang biasa disapa dr. Jack menyampaikan dukungannya terhadap akreditasi program studi pendidikan dokter dan program studi profesi dokter FK Unram. Hal ini disampaikan disela-sela penyelenggaraan balapan motorcros internasional (MXGP) di Samota, NTB. Selaku Rumah Sakit pendidikan utama FK Unram, RSUD Propinsi NTB melalui jajaran direksi dan seluruh civitas hospitalianya telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut kedatangan asesor LAMPTKes di rumah sakit tersebut.

Asesor kemungkinan besar akan melihat proses pendidikan di rumah sakit pendidikan utama ungkap dekan FK Unram, Dr. dr. Hamsu Kadriyan, SpTHT-KL(K). Namun hal ini tidak perlu dirisaukan karena dengan kerja sama yang telah terjalin lebih dari 10 tahun antar kedua institusi, proses pendidikan khususnya di tahap profesi telah berjalan dengan sangat baik. Oleh sebab itu, dekan FK Unram optimis untuk pencapaian akreditasi unggul yang telah dicanangkan, apalagi dengan dukungan direksi RSUD Propinsi NTB dan juga dukungan dari rumah sakit afiliasi dan jejaring serta wahana pendidikan lainnya yang bekerja sama dengan FK Universitas Mataram.

Proses pendidikan tahap profesi berlangsung selama 4 semester yang meliputi 13 bagian, termasuk stase pada muatan lokal yaitu kedokteran kepulauan. Proses pendidikan di tahap profesi meliputi berbagai kegiatan seperti bedside teaching, presentasi kasus, jurnal reading, dan sebagainya telah berjalan dengan sangat baik dan terus dievaluasi untuk mencapai penyempurnaan dimasa yang akan datang.

Proses asesmen lapangan akreditasi LAMPT-Kes sendiri akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 26-29 juni 2022. Asesor yang hadir terdiri dari Prof. DR. Dr. Ugrasena, SpA(K) dari Universitas Airlangga, Dr. Bagus Putra, SpPD-KR dari Universitas Brawijaya, dan DR. Dr. Eti, M.Med Edu dari Universitas Gadjah Mada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X