Selamat Dies Natalis Universitas Mataram yang ke 59

Tepat tanggal 2 Oktober 2021 Universitas Mataram genap berusia 59 tahun, usia yang sudah cukup matang untuk sebuah Lembaga pendidikan. Dalam kegiatan rapat senat terbuka Universitas Mataram yang dilaksanakan secara hybrid, dihadiri pula oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Menteri Sekertaris Negara Prof. Pratikno dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem A. Makarim. Beliau bertiga hadir secara virtual dan memberikan ucapan selamat kepada seluruh civitas akademika Universitas Mataram. Presiden dan para Menteri senada mengungkapkan bahwa Universitas Mataram yang ada sekarang ini harus terus berpacu, berinovasi, berkreasi dan berimprovisasi dalam mengembangkan pendidikan dan luarannya sehingga kedepan akan lebih mampu bersaing ditingkat global.

Sementara itu rektor Universitas Mataram Prof. Dr. H. Lalu Husni dalam pidatonya menyampaikan berbagai kesuksesan dan peningkatan yang telah dicapai oleh Universitas Mataram dalam berbagai bidang seperti klaster Unram di level nasional dan internasional. Jumlah publikasi dan sitasi dari hasil penelitian civitas akademika Unram yang terus bertambah juga menjadi hal yang menjadi keberhasilan. Demikian juga dengan prestasi-prestasi mahasiswa baik ditingkat nasional dan internasional, tentu yang paling baru adalah berhasilnya salah satu mahasiswa Unram menjadi penyumbang medali emas di PON XX Papua.

            Gubernur yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sekertaris daerah Propinsi NTB yang hadir secara langsung pada rapat senat tersebut menyampaikan selamat kepada seluruh civitas akademika Unram. Secara khusus pada masa pandemi covid-19 ini beliau menyampaikan terima kasih kepada dekan Fakultas Kedotkeran Unram atas berbagai hal positif yang telah dilakukan bersama pemerintah daerah, antara lain diluncurkannya alat rapid tes buatan Unram yang diberi nama ENRAM yang merupakan singkatan dari Hepatika, NTB, dan Unram. Alat ini merupakan produksi dalam negeri pertama yang diluncurkan di Indonesia. Demikian juga dengan prediksi angka kasus covid-19 di tahun 2020 dan 2021 yang mendekati angka kejadian sesungguhnya di NTB membawa pemerintah NTB menjadi lebih waspada terhadap kasus tersebut dan dapat merancang penatalaksanaannya di daerah ini lebih awal.

Dirgahayu Univeristas Mataram ke 59, semoga semakin membawa kemajuan bagi bangsa dan negara khususnya di Nusa Tenggara Barat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X