Tim PPDS Kedokteran Kelautan FK UNRAM melakukan Benchmark dengan NDMC Jepang

Berkaitan dengan rencana pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Kelautan (PPDS KL) di Fakultas Kedokteran Univrsitas Mataram (FK UNRAM), telah dilakukan upaya-upaya untuk memperkuat perencanaan kurikulum PPDS KL. Selain lokakarya visi misi dan lokakarya kurikulum yang telah dilakukan tahun lalu, kali ini PPDS KL FK UNRAM melakukan proses benchmarking ke institusi kedokteran lain. Seperti kita tahu, Indonesia belum memiliki program studi ini sebelumnya, sehingga FK UNRAM berupaya mencari pengalaman dari institusi di negara lain.

Pada tanggal 12 Januari 2023 pukul 12.00 WITA kemarin telah dilaksanakan proses bencmark antara FK UNRAM dengan National Defense Medical College (NDMC), Saitama Jepang. Proses ini dilakukan secara hibrid, yaitu daring dan luring dengan menghadirkan Presiden NDMC langsung. Pertemuan ini dihadiri oleh:
Prof. Nariyoshi Shinomiya, MD., PhD. (President of NDMC)
Prof. Koki Kaku (NDMC)
Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp. THT-KL (K), MKes.
Dr. dr. Yoga Pamungkas Susani, MMedEd., SpKL (K)
Dr. dr. Ida Ayu Eka Widiastuti, MFis., SpKL (K)
dr. Bayu Tirta Dirja, Ph.D, SpKL (K)
dr. Putu Suwita Sari, SpKL (K)
dr. Wahyu Sulistya Affarah, MPH., SpKL (K)
dr. E. Hagni Wardoyo, MD, SpKL (K)

Diskusi ini membahas tentang topik “penyelaman dan terapi hiperbarik” yang rencana menjadi kurikulum unggulan PPDS KL FK UNRAM. Dalam diskusi tersebut Prof. Shinomiya memaparkan berbagai penelitiannya dalam bidang penyelaman dan hiperbarik. Perlu diketahui bahwa Prof. Shinomiya telah menulis buku berjudul “Hyperbaric Oxygenation Therapy Molecular Mechanisms and Clinical Applications”.
Pihak NDMC sangat membuka kesempatan ke depannya untuk dapat berkolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan PPDS KL FK UNRAM terutama di bidang penyelaman dan terapi hiperbarik. Dalam pertemuan kemarin, juga dibahas rencana kunjungan Prof. Koki Kaku, dosen, dan mahasiswa NDMC Jepang ke FK UNRAM yang rencana akan dilakukan pada Maret 2023. Semoga Kerjasama FK UNRAM dengan NDMC dapat melahirkan kemajuan. (YPS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X