Visitasi Daring APTFI Kepada Calon Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Selasa, 22 Maret 2022. Asosisasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) telah melaksanakan visitasi daring dalam rangka usulan pembukaan Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Tim evaluator dihadiri oleh Ketua APTFI Prof. Dr. apt. Daryono Hadi Tjahjono. M.Sc., ketua bidang II mengenai Monoratorium dan Pembukaan Prodi apt. Azis Saifudin, Ph. D, dan Sekretaris Wilayah IV Jawa Timur – Bali – Nusa Tenggara Barat – Nusa Tenggara Timur apt. Sumi WIjaya, M.Si, Ph.D. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor universitas Mataram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D beserta jajarannya, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram beserta jajarannya, perwakilan preseptor PSPA FK UNRAM, dan seluruh civitas akademika Prodi Farmasi FK UNRAM.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Prof. Dr. apt. Daryono Hadi Tjahjono. M.Sc. selaku Ketua Asosisasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Universitas Mataram yaitu Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, dalam sambutannya Rektor Universitas Mataram berkomitmen mendukung pendirian PSPA di Universitas Mataram. Acara dilanjutkan dengan presentasi dari apt. Ni Made Amelia Ratnata Dewi, S.Farm., M.Farm.Klin. sebagai perwakilan Tim Pengusul PSPA FK UNRAM.

Saat sesi diskusi Tim Pengusul mendapatkan berbagai saran pada aspek calon dosen tetap, tenaga kependidikan dan preseptor Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA), ketersediaan gedung OSCE, CBT, Apotek Pendidikan, dll. Dekan FK Unram, Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL (K), M.Kes merasa optimis FK UNRAM dapat menjadi pioner pendidikan profesi apoteker di NTB dan berharap bahwa pada tahun 2022 program studi ini sudah mendapatkan ijin penyelenggaraan. Ketua tim pengusul PSPA FK UNRAM, Dr. apt. Agriana Rosmalina Hidayati, M. Farm bersyukur kegiatan visitasi telah berjalan dengan baik dan memasuki babak baru dalam proses pembukaannya. Selamat kepada PSPA FK Unram, semoga ikhtiar bersama ini membawa manfaat untuk peningkatan derajat kesehatan, khususnya di NTB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X