Workshop “Mengenal Tanda-Tanda Kehamilan dan Deteksi Dini Gangguan Kehamilan guna Mencegah Kematian pada Ibu akibat Komplikasi Kehamilan dan Persalinan”

Sabtu, 28 Mei 2022 FK Unram telah berhasil menyelenggarakan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai tanda-tanda kehamilan, penyulit kehamilan, dan tanda-tanda bahayanya yang memerlukan rujukan segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Workshop ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilaksanakan melalui edukasi dan promosi kesehatan untuk meningkatkan health literacy masyarakat. Pelaksanaan workshop ini didukung oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme dan diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia.

Dengan mengambil tema “Mengenal Tanda-Tanda Kehamilan dan Deteksi Dini Gangguan Kehamilan guna Mencegah Kematian pada Ibu akibat Komplikasi Kehamilan dan Persalinan”, workshop ini telah berhasil menarik minat masyarakat untuk mengikutinya dengan penuh antusias. Peserta kegiatan yang berasal dari 5 desa di wilayah kerja Puskesmas Narmada dan terdiri atas bidan desa setempat, ibu hamil, perwakilan bapak-bapak, serta kepala dusun dengan semangat mengikuti rangkaian kegiatan ini dari awal hingga akhir acara. Dengan diundangnya perwakilan bapak-bapak dan tokoh masyarakat diharapkan ke depannya peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan ibu hamil dapat semakin meningkat dan program-program pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan khususnya kesehatan kehamilan dapat mudah diterima dan dijalankan.

Selain dari peserta, acara ini juga turut dimeriahkan oleh sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Lalu Hamzi Fikri, MM. MARS, Dekan FK Universitas Mataram Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL(K), M.Kes, FICS serta dr. I Dewa Gede Ngurah Agung selaku Kepala Puskesmas Narmada yang telah bekerjasama untuk menyukseskan acara ini.

Pada inti acara, workshop ini diisi dengan penyampaian materi yang  sangat menarik, bermanfaat, dan juga dibawakan oleh para pemateri yang berkompeten di bidangnya. Mulai dari materi terkait kebutuhan gizi ibu hamil yang dibawakan dr. Deasy Irawati, M.Sc., P.hD, materi terkait kehamilan dan tanda bahaya kehamilan yang dibawakan oleh dr. Muhammad Rizkinov Jumsa, M. Kes, SpOG, bahkan ada juga materi terkait community empowerment dan leadership yang dibawakan oleh Bapak Pujiarohman, S. Psi., M. Psi., Psikolog dengan sangat interaktif.

Kegiatan yang dengan sukses telah dilaksanakan di Hotel Lombok Astoria ini tentunya tidak lepas dari proses persiapan panjang oleh kepanitiaan yang diketuai oleh dr. Cut Warnaini, M.PH dengan beberapa relawan kepanitiaan yang terdiri dari dr. Melinda Nadya Ariska, dr. Baiq Zulhaeni Aprilia Lestari, Abiyyu Didar Haq, Luh Ade Dita Rahayu, Dwi Rahmat, Belva Bhadranitya Buana, Karina Khilmi Adzuba, Amrullah Muliawan H.,  Erdira Natasya Putri, dan Jaini Rahma.

Dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan meningkat dan secara tidak langsung juga terdorong untuk proaktif menjaga kesehatannya sendiri serta membantu orang di sekitarnya, khususnya terkait asuhan kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Sebelum kegiatan dimulaipun seluruh peserta diminta untuk mengerjakan pre test dan di akhir kegiatan seluruh pesertan diminta untuk mengerjakan post test. Hasil dari pre dan post test ini diharapkan dapat mengukur peningkatan pengetahuan masyarakat setelah mengikuti kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X